Beranda » Artikel Kesehatan » Resiko Kateterisasi Jantung

Resiko Kateterisasi Jantung

Komentar Terbaru

Iklan

Untuk melihat seberapa parah penyumbatan pada pembuluh koroner jantung dokter akan menyarankan prosedur kateterisasi jantung. Selama prosedur ini, pipa tipis berukuran panjang yang dinamai kateter akan dimasukkan ke dalam pembuluh vena atau arteri yang ada di lipat paha, leher, atau lengan kemudian diputar melalui pembuluh darah Anda agar sampai ke jantung.

Resiko keteterasi jantung -, Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu blogspot resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen Resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi “resiko keteterasi jantung

Meski kateterisasi jantung ini lazim dilakukan kebanyakan pasien jantung, sebenarnya seberapa aman prosedur ini?

Resiko Kateterisasi JantungMungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya tentang apa itu kateterisasi jantung. Prosedur ini dikenal sebagai sebuah proses evaluasi kondisi kesehatan akan seseorang yang cukup kerap mengamami nyeri di bagian dada. Seperti kita tahu, penyakit jantung koroner ditandai dengan adanya rasa sakit pada bagian dada, tapi kateterisasi jantung tak selalu dilakukan hanya karena hal tersebut.

Di bawah ini bisa dilihat apa saja yang menjadi kemungkinan resiko bila menjalani prosedur tersebut. Bersumber dari halosehat :

Perdarahan
Pada bekas kateter, perdarahan bisa terjadi saat darah dalam kondisi terlalu encer atau disebabkan oleh asupan vitamin K yang kurang. Itulah mengapa sebelum memutuskan menjalani kateterisasi jantung, seseorang yang baru saja mengonsumsi pengencer darah wajib berhenti dulu 3-5 hari akan konsumsi tersebut sebelum dikateterisasi.

Ini semua demi keamanan dan bila tidak demikian, akan ada resiko darah bisa keluar tersemprot secara terus-menerus. Hal ini disebabkan oleh pembuluh vena yang merupakan pembuluh balik dan mempunyai tekanan darah lumayan tinggi yang kalau tak segera ditutup bisa terjadi hal tersebut. Kondisi ini tidaklah sama dengan perdarahan yang terjadi pada arteri.

Kerusakan Ginjal
Operasi atau kateterisasi jantung bukanlah untuk penderita penyakit ginjal. Bila ada pasien yang diketahui mempunyai riwayat penyakit ginjal dengan tingginya kadar kreatin di dalam tubuh, prosedur ini tidak begitu dianjurkan. Resikonya cukup tinggi dan mengancam yang bahkan bisa merusak ginjal jauh lebih parah sehingga memang harus dikonsultasikan dulu bersama dokter.

Serangan Jantung
Bukankah kateterisasi jantung dilakukan dengan tujuan untuk mengobati serangan jantung? Lalu, bagaimana bisa serangan jantung malah justru berada pada kategori resikonya? Itulah mengapa salah satu syarat pelaksanaan kateterisasi jantung adalah pasien wajib merasa stabil dan tenang.

Ketika seorang pasien yang hendak menempuh kateterisasi jantung tidak dalam kondisi yang tenang maupun stabil, maka resiko terkena serangan jantung malah lebih tinggi. Rasa takut dan khawatir memang wajar, namun justru hal-hal demikianlah yang menjadi faktor dalam memperparah kondisi pasien pada prosesnya.

Stroke
Sama seperti halnya serangan jantung, stroke adalah salah satu dari resiko kateterisasi jantung di mana serangan stroke juga besar kemungkinannya kalau Anda mengalami kegelisahan. Kondisi yang ketakutan, tidak tenang dan tidak stabil adalah masalah besar ketika proses kateterisasi dilaksanakan.

Untuk lebih amannya, pasien perlu menenangkan diri dan dalam kondisi yang stabil. Rasa gelisah akan meningkatkan resiko yang lebih buruk. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menjalani prosedurnya supaya Anda tahu bagaimana supaya kondisi bisa lebih tenang dalam prosesnya. Dengan begitu, Anda tak akan merasa ketakutan apalagi cemas dan gelisah yang membuat potensi stroke lebih tinggi.

Aritmia
Aritmia atau irama jantung yang tidak teratur merupakan sebuah resiko yang cukup serius pada prosedur kateterisasi jantung. Meski begitu, kasus ini termasuk jarang terjadi sehingga tidak begitu mengkhawatirkan. Selain itu, dokter pastinya juga sudah melakukan pemeriksaan keadaan pasien sebelum akhirnya dilakukan kateterisasi, jadi peluangnya bakal cukup kecil.

Baca Juga | Makanan Sehat Wanita Hamil Agar Anak Cerdas

Terus kunjungi situs https://caramengkonsumsicordycepspluscapsuleyangbenar.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Alamat Kantor Pusat Kami

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115.

Resiko Kateterisasi Jantung

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: